APA ITU KREATIF BERPIKIR

Definisi kegilaan adalah “ketika seseorang menginginkan suatu hasil yang berbeda namun dia hanya melakukan hal yang sama”. Kurang lebih seperti itulah pernyataan dari Albert Einstein.

Kita tidak akan pernah meraih hal-hal hebat dalam hidup jika kita masih melakukan hal yang sama dengan cara yang sama setiap harinya.

Salah satu kunci kesuksesan adalah bagaimana kita dapat menjadi pribadi yang kreatif dan dapat menjadi solusi memecahkan masalah yang ada. Menjadi kreatif tidak selalu identic dengan sebuah penemuan-penemuan besar dalam bidang ilmiah atau teknologi.sebagian orang mungkin merasa enggan dan tidak akrab dengan kata “kreatif” seakan kreatif adalah predikat yang bias disandang oleh para penemu teknologi terbaru atau seorang seniman yang senior. Kreatif dibenak banyak orang lebih identic dengan aneh, tidak biasa, dan unik. Dengan adanya anggapan seperti ini, mereka merasa bahwa kreatifitas adalah milik mereka yang bekerja di industri kreatif saja.

Padahal kenyataanya tidaklah demikian. Menjadi kreatif adalah bagaimana tentang menemukan cara-cara baru yang dapat memecahkan masalah. Berpikir kreatif berarti menemukan cara-cara baru yang lebih baik untuk mengerjakan apa saja.

Berpikir kreatif wajib dimiliki oleh semua profesi. Berpikir secara kreatif dibutuhkan semua orang pada profesi apapun untuk bekerja lebih baik dari sebelumnya. Setiap pekerjaan membutuhkan kreatifitas untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang muncul.

Kita membutuhkan pola pikir kreatif untuk menjawab berbagai permasalahan seperti: bagaimana agar saya bisa melakukannya dengan lebih cepat? Bagaimana supaya tugas saya dapat diselesaikan dengan lebih mudah? Bagaimana untuk lebih banyak menarik pengunjung ke blog atau website? Bagaimana agar hubungan dengan keluarga lebih harmonis? Bagaimana membuat anak-anak lebih menyukai sayur dan buah? Dan sebagainya.

Sebagai contoh, seorang ayah yang memikirkan bagaimana cara mendapatkan lebih banyak income karena saat ini keluarga mereka baru mendapatkan seorang buah hati. Ia pun merintis bisnis sampingan diluar jam kerjanya dikantor.

Atau seorang ibu yang berpikir keras bagaimana caranya agar anaknya bisa makan sayur. Ia pun membuat smoothies sayur dan buah dengan rasa yang lezat. Itu berpikir kreatif.

Bagaimana seorang akuntan berusaha menemukan software terbaru yang lebih memudahkan kerjanya. Itu kreatif.

Bagaimana seorang penulis mendapatkan berbagai ide tambahan untuk judul buku barunya. Itu juga disebut berpikir kreatif.

Akan tetapi berpikir kreatif dan menerapkannya dalam pekerjaan kita tidaklah mudah. Agar kita dapat selalu berpikir kreatif untuk menyelesaikan permasalahan di setiap pekerjaan, dibawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda praktekkan.

Berbagai strategi berpikir kreatif yang kami sampaikan dalam artikel ini merupakan kumpulan ide-ide menarik yang kami dapatkan dari berbagai sumber. Beberapa langkah yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Selalu pikirkan cara yang lebih baik.
  2. Percaya bahwa sesuatu dapat dilakukan.
  3. Terbuka pada perubahan.
  4. Jadilah orang yang gemar bereksperimen.
  5. Jangan pernah berasumsi sebelum Anda mencobanya.
  6. Jadilah orang yang bisa menerima gagasan.
  7. Jadilah progresif, bukan regresif.

Dengan melakukan langkah-langkah yang telah di jabarkan diatas. Maka kemampuan otak kita untuk berpikir kreatif akan semakin baik. Semua hal baru yang kita lakukan biasanya akan terasa tidak nyaman. Namun perlu kita pahami bahwa segala sesuatu memang harus diawali dengan paksaan, paksaan akan mengakibatkan rasa keterpaksaan, keterpaksaan yang sering kita lakukan lambat laun akan menjadi kebiasaan, dan kabar baiknya jika kita konsisten melakukan kebiasaan baik, maka kebiasaan baik itu akan menjadi karakter.

Kita hidup hanya sekali, jika kita dapat berbuat banyak didalam kehidupan ini, setelah kita meninggalkan dunia, segala kebaikan kita akan dikenang oleh orang banyak.

Tinggalkan komentar